Telah hadir toko swalayan alat alat

teknik pertama di kota Magelang.
DIPO TEKNIK MAGELANG

menyediakan berbagai macam alat teknik
yang berhubungan dengan pertanian, perbengkelan, pertukangan,
alat- alat listrik serta menyediakan sparepat2 nya.

Harga terjangkau, murah dan kami juga melayani pembayaran secara tunai maupun
kredit.....silahkan kunjungi swalayan kami di:
METRO SQUARE F2-F3 JL BAMBANG SOEGENG MERTOYUDAN
MAGELANG JAWA TENGAH


TELP. 0856 000 999 57

SMS . 0856 000 999 58

EMAIL: dipo_teknik@yahoo.com

Selasa, 21 Juni 2011

TIPS SEBELUM MEMBELI MESIN LAS

Share
Seiring dengan perkembangan usaha kita atau bagi kita yang ingin memulai usaha di bidang industri logam, mengharuskan kita untuk menambah infestasi mesin las. Akan tetapi seringkali kita dibuat bingung mesin las seperti apa yang akan kita pilih. Merek mesin las sangat banyak, daya listriknya beragam datambah lagi jenis mesin las yang begitu banyak membuat kita harus bener-bener teliti sebelum membeli.

Agar kita tidak salah pilih membeli mesin las yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita atau sudah sesuai tapi daya tahannya tidak cukup handal atau keluhan yang lainnya kiranya perlu kita pahami beberapa tips memilih mesin las yang akan kita beli berikut ini:

1.  Sesuai dengan jenis usaha
Sebelum membeli mesin las kita perlu melihat kesesuaian antara mesin las dengan pekerjaan kita. Pekerjaan berat dengan ketebalan plat lebih dari sepuluh millimeter maka mesin las jenis Mig 350A keatas, lebih cocok untuk dipilih. Untuk plat yang ketebalannya kurang dari lima millimeter bisa memilih Mig 250 kebawah.
Pekerjaan yang halus dan mensyaratkan kebersihan paling cocok menggunakan mesin las jenis Tig. Tinggal menyesuaikan ketebalan material yang di las untuk memilih seberapa besar kapasitas amper mesin las yang sesuai. Sedangkan untuk pekerjaan kasar dengan nilai toleransi tinggi kita bisa menggunakan mesin las MMA.



2. Sesuai dengan kapasitas produksi
Kapasitas produksi yang rendah bisa dikerjakan secara manual akan tetapi kalau usaha kita sudah memiliki kapasitas produksi yang tinggi kita sudah harus beralih ke mesin yang otomatis. Maka pilihan kita jatuh pada mesin las SAW dengan segala variannya. Atau Roboweld untuk otomasi mesin Mig kita. Dan kalau diperlukan mesin las Robot yang menggunakan teknologi komputerisai.

3. Sesuasi dengan daya yang terpasang pada Workshop
4. Seringkali kita tidak melihat konsumsi daya pada mesin yang kita beli sehingga tidak bisa kita gunakan karena listrik di workshop tidak memadai. Maka pastikan daya mesin lebih kecil dari daya di workshop.
Apabila kita menggunakan Genset sebagai sumber daya, maka mesin las jenis trafo lebih direkomendasikan, karena lebih tahan terhadap fluktuasi tegangan maupun frekwensi yang biasa terjadi pada genset. Apabila daya yang terpasang merupakan listrik dari PLN maka kita bisa memilih mesin las jenis Inverter. Ini lebih bagus karena bisa menghemat listrik hampir setengah dari mesin las jenis Trafo.
Akan tetapi kalau kondisi memaksa kita harus menghemat daya dengan menggunakan mesin las Inverter sedangkan daya kita dari genset maka harus dipastikan dengan dilakukan pengecekan secara berkala pada genset agar output genset benar-benar stabil.

5. Meliki dutycycle yang cukup
Mesin yang ideal memiliki dutycycle sampai 100% akan tetapi sangat jarang sekali, kalaupun ada harganya pasti sangat mahal. Mesin yang ada di pasaran biasanya memiliki dutycycle 30% sampai 60%. Akan tetapi kita tidak boleh percaya dengan label yang tertera di mesin perlu dibuktikaan dengan memakai mesin las tersebut baru ketahuan dutycycle yang sebenarnya.

6. After sale service yang bagus
Yang tak kalah penting dalam membeli mesin las adalah after sale yang bagus dari pabrikan atau penjual. Jangan sampai pekerjaan kita terhambat gara-gara kendala di mesin las. Banyak penjual yang menjanjikan garansi yang menggiurkan akan tetapi seringkali harus membawa mesin ke kantor pusat yang jauh untuk servis sehingga harus menunggu lama apabila ada kerusakan. Kalau perlu penjual bisa memberi jaminan servis ditempat ataupun bila perlu membawa mesin tidak boleh lebih dari tiga hari dan ada mesin pengganti.

adopted from

6 komentar:

yoga mengatakan...

tip-tip yang anda berikan dalam memilih barang sangat bermanfaat bagi konsumen tentunya, terutama barang2 yang anda jual sehingga konsumen tepat dan sesuai kemampuan dan kebutuhannya seyogyanya seluruh barang yang disediakan ada tip-tipnya.

DIPO TEKNIK MAGELANG mengatakan...

@yoga
Terimakasih...kami akan terus mengupdate info dan tips2 yang berguna bagi konsumen..

timbanganhewan mengatakan...

Makasih mas ndro Inponya....nambah2 pengetahuan sedikit nih mas ndro...ULTRA SONIC THICKNESS GAUGE wat alat tes ketebalan material

Tony Efrinady mengatakan...

Terima kasih banyak atas info nya

yogi widita mengatakan...

klo mau service las listrik merk laconi di dipo.teknik bisa ga ya?

jualmesinlas mengatakan...

Nice info :)
Please visit our website www.thermindo.com to find out more details about welding & cutting solution.

TULIS KOMENTAR ANDA..!!

Silahkan bagi yang mau komen maupun bertanya soal produk..

New comments
LOKASI DIPO TEKNIK MAGELANG
Lihat Peta Lebih Besar
Loading...
DIPO TEKNIK on KOPROL
-->
Gabung dengan KOPROL Klik Disini..
<--